05 Agustus 2009

Gliese 581 C, Bumi Kedua?

Pernahkah anda berpikir, apakah kita bisa hidup di planet lain? Mungkin artikel saya dapat memberikan sedikit "pencerahan" untuk anda.

Sejauh ini, ada planet Mars yang di klaim mirip dengan bumi. Namun tahukah anda, bila beberapa tahun lalu, ada planet Gliese 581 C, yang juga di klaim mirip dengan bumi?

Gliese 581 C ibarat kalah pamor dibanding planet Mars, tetangga terdekat Bumi. Tidak aneh memang, karena Gliese 581 C berada di luar tatasurya kita, yang menjadikannya satu-satunya planet di luar tatasurya kita, yang mirip dengan bumi.

Planet ini ditemukan oleh tim Stephan Udry dari Observatorium Jenewa di Swiss menggunakan HARPS yang dipasang pada teleskop 3,6 m di European Southern Observatory, La Silla, Chili. Tim menggunakan teknik kecepatan radial. Tim ini sekarang bermaksud untuk menggunakan teleskop MOST yang dibangun di kanada untuk pengamatan nantinya terhadap Planet itu.

Kemungkinan planet ini berada pada zona layak huni, dimana suhu permukaannya mengizinkan adanya air. Hal ini menjadikan Gliese 581 C sebagai exoplanet yang saat ini banyak menarik perhatian para ilmuwan di seluruh dunia. Planet ini berjarak 20,4 tahun cahaya (193 triliun km) dari Bumi dan terletak di rasi bintang Libra. Gl 581, atau Gliese 581, merupakan bintang ke 581 dalam urutan Katalog Gliese. Katalog tersebut dibuat oleh Gliese, diterbitkan pada tahun 1969 dan diperbaharui tahun 1991 oleh Gliese dan Jahreiss.

click this pict. to enlarge

Temperatur normal di planet ini, berkisar antara 0–40 °C. Planet ini 50 persen lebih besar dan lima kali lebih masif dari bumi. Sedangkan gaya gravitasinya, 2,1 lebih kuat daripada bumi. Hal ini membuat semua benda, menjadi 2,1 kali lebih berat. Misalnya benda di bumi beratnya 10kg. Maka berat benda tersebut menjadi 20,1 kg.

Gliese 581 c memiliki periode orbit 13 hari Bumi dan mengorbit 14 kali lebih dekat kepada bintang utamanya daripada orbit Bumi mengelilingi Matahari, sekitar 11 juta kilometer dari bintangnya, sementara Bumi berjarak 150 juta kilometer dari Matahari.

Usia Gliese 581 c sendiri, diperkirakan 4,3 miliar tahun. Sedangkan usia tata surya diperkirakan 4,57 miliar tahun.

Meskipun berada dalam kondisi layak huni, namun belum ditemukan tanda-tanda adanya air di sana. Maka dari itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui karakteristik lain dari planet ini. Bila kita mengirimkan satelit, akan membutuhkan waktu sekitar 20,5 tahun, tentunya dengan kecepatan cahaya.

referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Gliese_581_c

3 komentar:

Rizky Kharisma mengatakan...

wih.. mbois ran..

dah mendarat gk tuh robotnya

Anonim mengatakan...

jiah...
ada ada aja tuch orang pinter,,,,

enggalicious mengatakan...

masalah air gampang bro ..
masi ada air kenchinx kog .. :D